Kisah Orang Jujur Kembalikan Duit, Terbaru Petugas Kebersihan Stasiun Tugu


 Jakarta - Seorang petugas kebersihan di Stasiun Tugu Jogja, Sudaryanto (38) mengembalikan tas berisi uang Rp 44 juta. Kisah kejujuran Sudaryanto ini adalah satu dari cerita orang-orang yang juga pernah mengembalikan uang dan barang berharga yang mereka temukan.

Berdasarkan catatan detikcom, Minggu (23/1/2023), dulu ada Mujenih, petugas kebersihan KRL yang menemukan uang Rp 500 juta dalam kantong plastik. Selain itu, ada nama Agus Chaeruddin, office boy Bank Mandiri Syariah Bekasi, penemu uang 100 juta rupiah di tong sampah.

Ada juga kisah Mulyadi yang menemukan uang Rp 100 juta di toilet. Kejujuran serupa juga pernah dilakukan oleh Ahmad Maksum yang pernah menemukan uang di ATM. Selanjutnya, kisah Halimah yang pernah menemukan cek senilai miliaran rupiah juga menambah deretan cerita orang-orang jujur.

Berikut ini deretan cerita orang jujur yang mengembalikan uang dan barang berharga.

1. Mujenih
Petugas kebersihan KRL Mujenih mengembalikan uang Rp 500 juta yang dia temukan di dalam kantong plastik di dalam gerbong KRL Bogor. Netizen mengapresiasi kejujuran Mujenih. Cerita ini viral di media sosial.

Mujenih menuturkan penemuan uang tersebut terjadi pada Senin, 6 Juli 2020, sore di Stasiun Bogor. Saat itu dia sedang bertugas membersihkan gerbong kereta. Mujenih merupakan petugas kebersihan OTC Stasiun Bojong Gede.

Menurut Mujenih, uang Rp 500 juta itu dia temukan di gerbong ketiga dari belakang di Stasiun Bogor. Dia melihat ada kantong plastik tertinggal, lalu dibuka.

"Biasanya kalau ada barang ketinggalan saya buka dulu, saya lihat isinya uang. Lalu saya kasihin ke PS (passenger service, red) Bogor," ucapnya saat dihubungi lewat telepon.

Mujenih pun akhirnya diangkat menjadi karyawan tetap atas jasanya ini

2. Agus Chaeruddin
Selanjutnya ada nama Agus Chaeruddin (35), office boy (OB) Bank Mandiri Syariah Bekasi penemu uang 100 juta rupiah di tong sampah. Agus mengembalikan uang itu.

Agus pun mendapat apresiasi dari Partai Keadilan Sejahtera (PKS) berupa umroh gratis untuk sekeluarga. Di depan para politikus PKS, Agus berpesan soal pentingnya moral dalam berpolitik.

Pada saat itu saya merasa amanah dan tanggung jawab, itu memang ujian buat saya. Itu datangnya dari Allah dan akan kembali kepada Allah. Saya juga nggak nyangka akan seperti itu berkat dari keberkahan. Allah Mahamelihat dan dia selalu memberikan rezeki bagi yang membutuhkan," kata Agus di depan seluruh wartawan dalam konferensi pers di aula kantor DPP PKS Jakarta Selatan, Jalan TB Simatupang, Jakarta Selatan, Selasa (1/1/2013).

3. Mulyadi
Ada juga nama Mulyadi (32), petugas kebersihan di Mal Kota Kasablanka (Kokas), Jl Casablanca, penemu tas berisi uang Rp 100 juta di toilet. Tanpa membuka tasnya, dia memberikannya ke petugas customer service.

Di customer service itu uang dibuka dan ternyata berisi Rp 100 juta. Tidak lama kemudian, pemilik uang datang dan mengambilnya di customer service mal. Mulyadi, yang bertugas bersih-bersih toilet di lantai GF Mal Kokas, bila menemukan sesuatu memang langsung melapor ke customer service. Atas kejujuran dia, atasannya menaikkan pangkatnya jadi pengawas, tapi Mulyadi menolak.

"Dia itu karyawan teladan, rajin. Diminta atasannya jadi pengawas tapi tetep nggak mau. Dia sopan, sama siapa saja, sering berbagi makanan," jelas Manajer Supervisor SJS Area Kota Kasablanka, Dian Fadillah, saat berbincang dengan detikcom tentang sosok Mulyadi, Rabu (8/6/2016).

Kisah penemuan uang oleh Mulyadi ini menyebar lewat surat elektronik. Peristiwa itu terjadi pada 26 Mei 2016. Mulyadi atas kejujurannya kemudian diajak makan bersama oleh bos perusahaan tempat dia bekerja.

Pria asal Lampung anak ke-4 dari tujuh bersaudara yang masih lajang ini mengaku, buat dia, berbuat jujur memang pesan dari orang tua yang mesti dia jaga saat merantau ke Jakarta 13 tahun lalu.

4. Ahmad Maksum
Aksi seorang pria bernama Ahmad Maksum juga patut diacungi jempol. Sebab, ia tak mengambil sedikit pun uang yang ditemukannya di ATM BRI.

Aksi Ahmad Maksum ini sempat viral dan mendapat pujian dari netizen. Uang yang ditemukannya itu diserahkan kepada petugas keamanan yang sedang bertugas dan kemudian dikembalikan pada pemiliknya.

Tindakan Ahmad Maksum pun dibenarkan Corporate Secretary PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk atau BRI Aestika Oryza Gunarto. Ia pun memberikan apresiasi dan memuji tindakan Ahmad Maksum.

"Terkait dengan adanya kejadian, seorang pria bernama Ahmad Maksum yang menyerahkan sejumlah uang yang ditemukan di ATM, KCP BRI Karang Asem Barat, Bogor. Kami menyampaikan terima kasih serta apresiasi setingginya atas tindakan Ybs," terangnya kepada detikcom, Jumat (8/10/2021).

Pihak BRI juga mempertemukan Ahmad Maksum dengan nasabah BRI pemilik uang tersebut. Selain itu, ia memberikan apresiasi terhadap petugas keamanan yang telah meneruskan uang itu ke nasabah.

5. Halimah
Kemudian ada nama Halimah, seorang petugas cleaning service Bandara Soekarno-Hatta, Cengkareng. Halimah adalah penemu dompet serta cek senilai Rp 35,9 miliar.

Nama Halimah ramai diperbincangkan setelah kisahnya menemukan dan mengembalikan dompet serta cek Rp 35,9 miliar viral di media sosial (medsos). Banyak pihak yang mengapresiasi kejujuran Halimah, petugas cleaning service Bandara Soekarno-Hatta yang sudah bertugas sekitar 10 tahun.



Home
Berita
Jabodetabek
Jawa Timur
Internasional
detikX
Kolom
Blak blakan
Pro Kontra
Infografis
Foto
Video
Hoax Or Not
Suara Pembaca
Jawa Barat
Jawa Tengah & DIY
Makassar
Medan
Indeks

Pemilu 2024
The Matchmaker
ADVERTISEMENT


detikNews
Berita
Kisah Orang Jujur Kembalikan Duit, Terbaru Petugas Kebersihan Stasiun Tugu
Rakhmad Hidayatulloh Permana - detikNews
Senin, 23 Jan 2023 09:46 WIB
Foto: Cleaning service kembalikan uang temuan (dok. Daop 6)
5. Halimah
Kemudian ada nama Halimah, seorang petugas cleaning service Bandara Soekarno-Hatta, Cengkareng. Halimah adalah penemu dompet serta cek senilai Rp 35,9 miliar.

Nama Halimah ramai diperbincangkan setelah kisahnya menemukan dan mengembalikan dompet serta cek Rp 35,9 miliar viral di media sosial (medsos). Banyak pihak yang mengapresiasi kejujuran Halimah, petugas cleaning service Bandara Soekarno-Hatta yang sudah bertugas sekitar 10 tahun.



Penemuan dompet ini terjadi pada Jumat (29/10), sekitar pukul 10.00 WIB. Dompet ini ditemukan oleh Halimah di Terminal 2E Bandara Soetta saat dia sedang bertugas.

Dompet tersebut tergeletak di kursi ruang tunggu keberangkatan tanpa ada pemiliknya. Setelah itu, Halimah mengamankan dompet tersebut dan memberikannya ke Avsec. Ternyata, saat dicek, dompet tersebut berisi cek Rp 35,9 miliar dan terdapat lima buku tabungan beserta identitasnya.


Atas kejujurannya itu, Halimah mendapatkan promosi jabatan dari PT Angkasa Pura Solusi. Halimah, yang sebelumnya menjadi team leader, kini diangkat menjadi supervisor.

6. Sudaryanto
Terbaru, ada petugas kebersihan di Stasiun Tugu Jogja, Sudaryanto (38) yang menemukan sebuah tas di area mesin Check in Counter. Setelah dibuka di pos pengamanan, ternyata tas itu berisi uang Rp 44 juta. Begini kagetnya petugas cleaning servise asal Kabupaten Sleman itu.

"Ya kaget. Tapi (uang itu) bukan milik saya. (Sekarang) Sudah dikembalikan ke pemilik aslinya," kata Sudaryanto kepada wartawan, Minggu (22/1/2023).

Sudaryanto menemukan tas selempang itu pada Sabtu (21/1). Hari itu seperti biasanya, dia sedang mengepel lantai di dekat area mesin cetak tiket.

Setelah melihat sebuah tas selempang warna hitam yang tergeletak di lantai, ayah dua anak itu pun segera melapor dan menyerahkan tas itu ke Pos Pengamanan.

Selanjutnya petugas pengamanan mengecek tas tersebut. Ternyata di dalam tas itu terdapat uang sebanyak Rp 44.108.000 serta sebuah handphone. Menurut Sudaryanto, uang dalam tas itu terdiri dari pecahan Rp 100 ribu.

Setelah mengetahui tas itu berisi uang, petugas segera membuat pemberitahuan. Tidak lama berselang lama pemilik tas itu mendatangi pos pengamanan. Tas tersebut lalu dikembalikan dalam keadaan utuh.

Sementara itu Manager Humas Daop 6 Franoto Wibowo mengatakan bahwa barang bawaan menjadi tanggung jawab penumpang sendiri. Bagi penumpang yang merasa kehilangan atau barangnya tertinggal di dalam kereta atau di lingkungan stasiun dapat melapor ke petugas.

"Meskipun tingkat keamanan yang diberikan KAI Daop 6 sudah baik, penumpang harus tetap waspada dan fokus dalam menjaga barang bawaannya," kata Franoto.


Belum ada Komentar untuk " Kisah Orang Jujur Kembalikan Duit, Terbaru Petugas Kebersihan Stasiun Tugu "

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel