Tahi Ayam, Si Liar dengan Beragam Manfaat yang Memukau


 Halo Sahabat Sehat! Apakah kamu sudah pernah mendengar bunga tahi ayam? Yap, bunga yang berasal dari Amerika ini memiliki warna cerah meskipun baunya menyengat dan kurang sedap. Bunga tahi ayam ini juga dikenal dengan Marigold atau Tegetes erecta.

bunga tahi ayam marigold
Foto: Pixabay.com

Saat ini, bunga tahi ayam hampir dibudidayakan di seluruh dunia, termasuk Indonesia. Sebutan bagi bunga tahi ayam memiliki nama yang berbeda, misalnya bunga tahi totok (Sunda), tahu kotok (Jawa Barat), tahi ancok (Sumatera), cocok botol atau African Marigold (Inggris). Dibalik keindahan bentuknya yang cantik, bunga tahi ayam diketahui secara tradisional memiliki manfaat bagi kesehatan. Yuk, simak artikelnya!


Kebaikan bunga tahi ayam

Bunga adalah salah satu bagian tanaman tahi ayam yang umumnya digunakan sebagai pengobata herbal. Selain menjadi tanaman hias dan obat, bunga ini juga bermanfaat di bidang pertanian, yakni sebagai insektisida alami, yaitu menangkal serangga (semut, nyamuk, kutu daun), anti jamur, dan mencegah cacing pengganggu tanaman.

Berdasarkan hasil penelitian, bunga tahi ayam menunjukkan manfaatnya bagi kesehatan, yakni:


Antibakteri

Bunga ini mampu mencegah pertumbuhan bakteri melalui penghambatan, misalnya bakteri Klebsiella pneumoniae yang secara normal ngga berbahaya di saluran pencernaan. Meski demikian, bakteri ini bisa berbahaya jika berpindah ke bagian tubuh lainnya, seperti paru-paru, otak, mata, dan sirkulasi darah.

Kaya antioksidan

Bunga tahi ayam memiliki kandungan antioksidan tinggi berupa lutein. Zat ini berfungsi untuk menjaga kesehatan, menangkal paparan radikal bebas dalam jumlah berlebih yang bisa memicu kerusakan sel dan menimbulkan berbagai penyakit. Ketiga, ekstrak bunga tahi ayam melindungi kulit dari nyamuk Aedes Aegypti yang digunakan dalam sediaan lotion.

manfaat bunga tahi ayam marigold sebagai lotion
Foto: Pixabay.com

Menyembuhkan luka

Kandungan flavonoid di dalamnya berfungsi mempercepat proses penyembuhan luka iris maupun luka bakar ringan. Kandungan terpenoid dan steroid bisa menurunkan kadar enzim hati dan bilirubin saat terjadinya kerusakan jaringan hati.

Pewarna alami

Senyawa L-karoten yang memberikan warna kuning pada bunga bisa dijadikan sebagai pewarna alami, baik untuk makanan maupun kosmetik. Pengelolaan pewarna diperlukan proses khusus untuk menjamin higienitas dan keamanan penggunaannya.

Selain itu, bunga tahi ayam juga dimanfaatkan sebagai obat karena kemampuan antiinflamasi dan antibakterinya untuk mengobati peradangan dan infeksi. Peningkatan imunitas tubuh, mengatasi demam, sakit tenggorokan hingga mengatasi masalah menstruasi adalah manfaat lain yang bisa ditemukan dalam bunga tahi ayam.

Nah, bunga tahi ayam ini juga bisa kamu tanam sendiri di rumah, loh. Caranya mudah, siapkan media tanam yang terdiri dari tanah yang telah dicampurkan kompos. Setelah 24 jam, kamu bisa menaburkan biji bunga tahi ayam pada permukaan media tanam. Selamat mencoba, Sahabat Sehat!

Belum ada Komentar untuk "Tahi Ayam, Si Liar dengan Beragam Manfaat yang Memukau"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel