Terungkap! Jokowi Akhirnya Blak-blakan soal Alasan FIFA Batalkan Piala Dunia U-20 di Indonesia, Ternyata...


 JAKARTA, DISWAY.ID - Presiden Joko Widodo (Jokowi) akhirnya mengungkapkan secara terbuka kepada publik terkait alasan FIFA membatalkan Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 2023.


"Salah satu alasan FIFA coret Indonesia jadi tuan rumah, karena ingin melihat adanya perubahan sepak bola di Indonesia," kata Jokowi usai menemui para pemain Timnas U-20 di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Sabtu 1 Maret 2023.


Untuk alasan itu, Jokowi mengaku telah memerintahkan Ketua Umum PSSIErick Thohir untuk membuat blue print transformasi sepak bola Indonesia.


"Kemarin saya menerima surat dari Presiden FIFA Gianni Infantino dan saya sudah memerintahkan kepada Ketua Umum PSSI untuk menyiapan blue print dan peta jalan transformasi sepak bola indonesia untuk segera disampaikan kepada FIFA," ujarnya.


Jokowi berharap, dengan memenuhi hal-hal tersebut Sepakbola Indonesia dapat terhindar dari sanksi FIFA.


"Komunikasi juga terus dilakukan, entah itu dengan Presiden FIFA maupun dengan council," ucapnya.


"Saya harapkan bulan-bulan iniKetua Umum PSSI Bapak Erick Thohir bisa terbang lagi ke Zurich untuk menyampaikan hal yang tadi saya sampaikan," sambungnya.


Sebelumnya Erick Thohir juga mengungkapkan ke publik alasan pencopotan status Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 oleh FIFA.


Menurutnya, FIFA telah mendapatkan adanya intervensi dari berbagai pihak, khususnya pemerintah daerah setempat.


Diketahui, Gubernur Bali Wayan Koster dengan menolak gelaran Drawing Piala Dunia U20 di Bali dengan mengirimkan surat ke Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) karena lolosnya Israel dalam Piala Dunia U20.


Sebagai otoritas tertinggi sepak bola dunia, FIFA tak ingin didikte oleh siapapun, termasuk oleh pemerintah setempat.


"FIFA ini kan otoritas tertinggi sepak bola di dunia, tentu dengan segala keberatan-keberatan yang sudah disampaikan tentu FIFA melihat ini sebuah intervensi," kata Erick di Kompleks Istana Kepresidenan.


Selain itu, penolakan juga datang dari Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo yang secara terang terangan monolak kehadiran Israel dengan alasan ini merupakan salah satu pesan dari Presiden Soekarno.


Selain itu, adanya penolakan dari politisi PDI Perjuangan dan dari politisi Partai Keadilan Sejahtera. Baik PDI Perjuangan dan PKS dengan masif memberikan komentar terkait sikap penolakannya. 


Padahal diketahui, bahwa Indonesia lolos menjadi tuan rumah Piala Dunia U20 melalui proses panjang dan diketahui oleh kedua partai ini. 


FIFA sering kali menjatuhkan sanksi kepada federasi sepak bola akibat intervensi yang dilakukan pemerintah," ujarnya


Erick menegaskan bahwa fokusnya saat ini yakni berupaya agar Indonesia tidak terkena sanksi berat dari FIFA.

Sebab, jika sanksi berat tetap dilayangkan ke Indonesia, ini menjadi kasus yang kedua kalinya setelah tahun 2015 lalu. 


Sanski berat dari FIFA tersebut membuat Indonesia menyendiri karena tidak boleh berlaga di kancah internasional yang ada di bawah naungan FIFA.

"Tentu itu yang terberat, di mana kita jadi menyendiri, ibaratnya kita cuma di Indonesia saja," terangnya.

Erick berhharap hal itu tidak terjadi kembali kepada sepak bola Indonesia. Mengingat, mata pencarian di sepak bola begitu banyak turunannya.


"Sanksi ringan juga ada, seperti administrasi, pergantian, saya belum tahu, tapi yang penting jangan yang sangat berat," pungkasnya.


Belum ada Komentar untuk "Terungkap! Jokowi Akhirnya Blak-blakan soal Alasan FIFA Batalkan Piala Dunia U-20 di Indonesia, Ternyata..."

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel